MANFAAT BUAH CERME YANG BAIK UNTUKKESEHATAN

Tanaman Cermai dengan nama latinnya Phyllanthus acidusa atau bisa disebut juga Obat Titan Gel adalah salah satu jenis buah-buahan yang berasa manis bercampur asam kecut sehingga enak bila dimakan langsung bersama dengan garam atau kecap, dan buah cermai biasanya dibuat manisan atau "aluo" dalam bahasa jawa. Pohon cermai biasa ditanam orang dihalaman teras rumah sebagai penyejuk pandangan, peneduh teras ataupun ditanam di pekarangan rumah. Pohon cermai ini dapat mencapai tinggi 3 sampai 9 meter, sedangkan daun-daun berbentuk bujur telur yang tersusun sangat rapi dan selang-seling, bila dilihat ranting kecil seperti daun majemuk, pucuk daun muda berwarna hijau ke kuning-kuningan bercampur dengan sedikit warna merah. Buah cermai hampir bulat bentuknya serta berwarna kuning tetapi isi berwarna putih.

Manfaat dan khasiat buah cermai dan Obat Titan Gel sendiri mengandung tinggi serat, vitamin C dan mineral. Berdasarkan penelitian para ahli yaitu dengan memakan pucuk daun cermai mampu mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti dapat menawarkan racun akibat gigitan serangga, lumbago, dipakai untuk merawat kulit, nafas sering tersengal-sengal, menyembuhkan tekanan darah tinggi dan menobati kanker. Adapaun manfaat dan khasiat buah cermai diantaranya dapat mengatasi sembelit.
Manfaat dan khasiat daun cermai lainnya yang terkenal bagi wanita yaitu dapat melangsingkan tubuh, dikarenakan khasiat laksatif yang terdapat pada daun cermai akan memperlancar buang air besar. Sedangkan kandungan tinggi akan zat sponin dan tanin pada daun cermai akan mampu menyerap glukosa dan kolestrol didalam dinding usus

Komentar